Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

WAYS TO LIVE FOREVER

Senin, 09 Juni 2014


WAYS TO LIVE FOREVER BY SALLY NICHOLLS (BOOK)
Sam menyukai fakta – fakta. Dia penasaran tentang hantu dan ufo,film horor dan ilmuwan,balon Zeppelin dan kematian. Sam mengidap leukimia. Karena itu dia ingin tahu fakta – fakta tentang kematian. Sam membutuhkan jawaban yang enggan dijawab orang – orang.
Buku ini berawal dari 7 Januari hingga 12 April.
Ways To Live Forever adalah buku harian Sam yang berisi daftar – daftar ,cerita – cerita ,foto – foto ,berbagai pertanyaan dan fakta yang dikumpulkannya selama minggu – minggu terakhirnya. Pandangannya yang jernih tentang kehidupan dan kematian membuat buku ini menjadi salah satu buku yang membangkitkan semangat dalam menghadapi salah satu fakta kehidupan yang tak terelakan.
 PERTANYAAN – PERTANYAAN TAK TERJAWAB :
1.     Bagaimana kita tahu kalau kita sudah mati ?
2.    Kenapa Tuhan membuat anak – anak jatuh sakit ?
3.    Bagaimana kalau ada orang yang belum mati , tapi dikira sudah mati oleh orang – orang  lain ? Apakah dia akan dikubur hidup – hidup ?
4.    Sakitkah kalau mati ?
5.    Seperti apakah kelihatanya orang mati ? Atau apa rasanya ?
6.    Kenapa sih orang mesti mati ?
7.    Ke mana orang pergi setelah mati ?
8.    Apakah dunia ini masih ada setelah aku tidak ada ?

DAFTAR NO. 1 : LIMA FAKTA TENTANG AKU
1.     Namaku Sam.
2.    Umurku sebelas tahun.
3.    Aku suka mengumpulkan cerita dan fakta – fakta yang fantastis.
4.    Aku mengidap leukimia.
5.    Saat kalian membaca buku ini kemungkinan aku sudah pergi.
DAFTAR NO. 2 : LIMA FAKTA TENTANG PENAMPILANKU
1.     Aku punya rambut. Rambutku rontok habis tahun lalu akibat obat-obat yang kuminum,tapi sekarang tumbuh lagi. Warnanya coklat terang.
2.    Aku punya sepasang mata biru.
3.    Aku punya banyak lebam-lebam di tubuhku. Bukan gara-gara aku sendiri. Memang begitulah kalau mengidap leukimia.
4.    Aku bertubuh kecil untuk ukuran anak sebelas tahun ,dan agak pucat.
5.    Aku punya tanda lahir berbentuk danun semanggi berhelai empat di lututku. Tapi tanda itu tidak bisa buat mengabulkan permintaan.
DAFTAR NO. 3 : HAL – HAL YANG INGIN KULAKUKAN
1.     Menjadi ilmuwan terkenal. Menemukan ini-itu dan menulis buku-buku tentang semuanya.
2.    Memecahkan rekor dunia. Yang jelas ,bukan rekor altletik. Rekor untuk sesuatu yang konyol.
3.    Menonton semua film hororr yang tidak boleh kutonton. Film-film berlabel 15 tahun ke atas. Atau 18 tahun ke atas.
4.    Naik eskalator untuk turun dan turun eskalator untuk naik.
5.    Melihat hantu.
6.    Menjadi remaja. Melakukan kegiatan – kegiatan remajaa,misalnya minum-minum,merokok,dan punya pacar.
7.    Naik balon Zeppelin.
8.    Naik pesawat luar angkasa dan melihat Bumi dari luar angkasa.
Ada juga daftar Mrs. Willis :
1)    Pergi ke Grand Canyon.
2)   Membersihkan loteng.
3)   Mengadakan percobaan di laboratorium yang lengkap.
4)   Belajar membuat kue meringue.
5)   Melatih anjing.
Daftar yang dibut Felix :
1)    Menjadi kaya dan terkenal.
2)   Mengebom semua dokter pakai bom nuklir.
3)   Menonton konser Green Day LAGI.
DAFTAR NO. 4 : HAL-HAL FAVORIT
1.     Binatang favorit : serigala. Fakta sebenarnya : indra perasa serigala ada di perutnya,bukan di mulutnya. Itu sebabnya mereka suka menelan habis makanan mereka.
2.    Film favorit : Lord Of The Rings. Aku juga  membaca keseluruhan bukunya waktu aku sakit tahun lalu. Fakta sebenarnya : Mondor didasarkan pada Birmingham.
3.    Tempat favorit : High Strawberry,pondok liburan kami yang biasanya di Lake District. Letaknya tepat di pantai Danau Windermere,dan ada perahunya.
4.    Game favorit : Warhammer.
5.    Lelucon favorit : Kenapa si landak menyebrang jalan ? Supaya di anggap berani oleh pacarnya.
6.    Alat tranportasi favorit : balon Zeppelin. Fakta sebenarnya : di puncak Empire State Building ada tiang supaya orang bisa menambatkan balon Zepellin-nya di situ.
7.    Kenangan favorit : arung jeram di Jerman waktu berlibur,sebelum aku sakit lagi.
FAKTA – FAKTA TENTANG PETI JENAZAH
v  Pada abad kedelapan belas dan sembilan belas,banyak orang sangat takut dikubur hidup-hidup secara tak sengaja. Untuk memecahkan masalah ini , para ilmuwan menciptakan peti jenazah yang aman ,yang memungkinkan orang tak sengaja dikubur hidup-hidup memberitahukan keadaannya pada dunia luar,sehingga dia bisa diselamatkan.
v  Pada tahun 1822, Dr. Adolf Gutsmuth merancang peti jenazah yang dilengkapi dengan selang udara dan selang makanan. Untuk membuktikan keefektifan hasil karyanya itu, dia sendiri minta dirinya dikubur di dalam peti jenazah itu. Dia makan sup, sosis,dan minum bir melalui selang tersebut, sebelum digali kembali oleh asistennya.
v  Dr. Johann Gottfried Taberger merancang peti jenazah dengan lonceng yang bisa dibunyikan dengan menarik tali-tali dan sebuah selang panjang. Tali-tali diikatkan ke kedua tangan ,kaki,dan kepala orang yang dikubur. Selangnya dilengkapi kawat nyamuk untuk mencegah serangga masuk ke dalamnya , dan ada atap kecil juga supaya orang di dalam peti tidak kehujanan.
v  Franz Vester merancang peti pipa besar berbentuk bujur sangkar untuk ditaruh di atas peti jenazah. Di dalam pipa itu ada tangga,lonceng,dan tali. Kalau orang di dalam peti ternyata masih hidup dan dia tersadar,dia bisa memanjat naik tangga dan keluar dari dalam peti. Kalau kondisinya lemah dan dia tidak bisa bergerak ,dia cukup menarik tali untuk menyembunyikan lonceng. Kalau ternyata dia memang sudah mati ,pipa itu ditarik untuk digunakan kembali nanti.
v  Zaman sekarang para ilmuwan sudah punya stetoskop,elektrokardiagram,dan sebagainya,sehingga mudah saja mengetahui apakah orang yang bersangkutan sudah meninggal atau belum. Tapi peti jenazah yang aman masih tetap dibuat. Pada tahun 1995 ,Fabrizib Caselli membuat peti jenazah modern berteknologi tinggi. Untuk memastikan orang tidak dikubur hidup-hidup di dalam peti,peti itu dilengkapi alarm darurat ,lampu senter,tabung oksigen ,mikrofon dua arah dan speaker ,sensor datak jantung dan simulator jantung.

DAFTAR NO. 5 : KIAT-KIAT HIDUP ABADI
1.     Setiap pagi bialng begini , “Aku akan berkata begini lagi besok,”
2.    Menjadi vampir. Semoga tidak sampai bertemu Buffy.
3.    Minta badanku dibekukan. Lalu ratusan tahun kemudian ,kalau obat untuk kanker sudah ditemukan dan rahasia hidup abadi diketahui ,minta tubuhku dicaairkan lagi. (Kalau beruntung ,bisa ketemu robot-robot dan makhluk luar angkasa ,dan punya pesawat luar angkasa pribadi juga.)
4.    Menemukan air mancur untuk awet muda. Lalu minum. (Dengan begitu,aku jadi tetap muda.)
5.    Mengopi otak ke dalam disket dan hidup di komputer. Semoga tidak sampai kena virus.
6.    Mancari dewi Yunani dan membuatnya jatuh cinta padaku. Minta dia memohon pada Zeus ,raja pada dewa ,untuk memberikan hidup abadi.*
7.    Membuat Batu Flisuf (dengan batu ini ,bukan hanya mendapatkan hisup abadi ,tapi juga emas dalam jumlah tak terbatas.)
8.    Menemukan gadis bernama Hawa dan menikahinya. Lalu,walaupun tidak bisa hidup selamanya ,setidaknya bisa hidup untuk Hawa.
*Ingatkan dia supaya meminta kemudaan abadi juga. Sebab dalam mitologi Yunani ada seorang laki-laki yang jatuh cinta pada dewi fajar. Dewi fajar meminta Zeus memberikan kehidupan abadi pada laki-laki itu ,tapi lupa bahwa manusia bisa menjadi tua. Maka jadilah orang itu makin lama makin bungkuk dan keriput terus ,terus dan terus. Itu sebabnya dewi fajar bangun pagi sekali setiap hari ,sebab dia harus berbagi tempat tidur dengan laki-laki tua kecil keriput itu.

DAFTAR NO.6 :
YANG MESTI DILAKUKAN WAKTU ORANG MENINGGAL
1.     Kalau yang meninggal itu orang Hindu,keluarganya menyalakan api kecil ,yang dibiarkan menyala di dalam rumah ,di samping jenazahnya. Menurut kepercayaan orang Hindu,jiwa orang yang baru saja meninggalkan jasadnya masih bingung tidak tahu mesti pergi ke mana. Api itu menjadi tempat tinggalnya. Setelah sepuluh hari,api itu di bawa ke laut dan di taruh di air. Itu berarti sudah waktunya bagi roh itu untuk memulai perjalanan ke alam baka.
2.    Bangsa pigmi tidak suka pada kematian. Kalau ada orang yang meninggal,mereka meruntuhkan rumahnya di atas jasad orang itu,lalu memindahkan kampunr dan tidak pernah membicarakan orang itu lagi.
3.    Bangsa Jamaika mengadakan perayaan selama sembilan malam setelah seseorang meninggal. Mereka menaruh makanan untuk orang yang mati ,menyanyi,dan minum rum yang sangat keras.
4.    Kalau yang meninggal orang Yahudi,tubuhnya dimandikan oleh kaum pria atau wanita ,tergantung dia sendiri jenis kelaminya apa,dan dibalut kain kafan putih. Jenazahnya tidak pernah ditinggalkan sendirian ,smpai saatnya dimakamkan. Ini dimaksudkan untuk menghormati si mati dan memastikan jenazahnya tidak dicuri. Pada waktu pemakaman ,orang-orang merobek-robek pakaian mereka untuk menunjukan kesedihan. Sesudahnya mereka semua duduk dalam Shina ,yang berarti perkabungan.
5.    Bangsa Meksiko menyelenggarakan pesta besar. Namanya perayaan orang mati,diadakan pada hari pertama dan kedua bulan November. Mereka pergi menyambangi makam-makam dan menghiasi seisi negeri dengan tengkorak dan kerangka. Mereka memasak makanan untuk para kerabat yang sudah meninggal dan menyediakan tempat untuk mereka di meja.
6.    Bangsa Inuit di Alaska dulu biasanya menutupi jenazah dengan iglo. Di Alaska udaranya dingin sekali dan jenazah itu akan tetap beku selamanya,kecuali kalau dimakan beruang-beruang kutub.
DAFTAR NO. 7 : LIMA FAKTA TENTANG DAD
1.     Umurnya tiga puluh sembilan tahun. Dia menyukai spageti dan kacang panggang. Dia tidak menyukai anchovy.
2.    Kata favoritnya adalah orgulous ,yang berarti angkuh atau hebat. Tapi dia sendiri tidak terlalu angkuh atau hebat.
3.    Dad punya pitak di rambutnya seukuran uang logam lima puluh pence. Katanya itu gara-gara aku dan Ella.
4.    Waktu masih kecil ,Dad ingin menjadi pendaki gunung. Dia bercita-cita mendaki Everest ,tapi lalu dia mendapati Edmund Hillary sudah lebih dulu sampai di sana.
5.    Lelucon favorit Dad adalah : Di mana Napoleon menyembunyikan tentaranya ? Di balik lengan bajunya.
DAFTAR NO.8 :
FAKTA-FAKTA FANTASTIS TENTANG BALON ZEPPELIN
1.     Balon Zeppelin pertama dibuat pada tahun 1784,ketika Jean-Pierre Blanchard memasang baling-baling tangan pada sebuah balon.
2.    Balon Zeppelin bertenaga mesin yang pertama dibuat pada tahun 1852 oleh penemu bernama Henri Giffard. Balon itu bertenaga uap.

3.    Salah satu balon Zeppelin paling terkenal adalah Hindenburg. Balon itu seperti hotel terbang yang besar ,tapi lalu terbakar pada tahun 1937 dan meledak.

4.    Pada Perang Dunia Kedua,balon-balon Zeppelin mengawal sekitar 89.000 konvoi kapal yang membawa bahan makanan dan persediaan. Tak satupun kapal itu karam di tembak musuh. Balon-balon Zeppelin itu melayang di atas U-boats pihak musuh dan membombardir mereka. Balon-balon ini hebat sekali,karena terbang sangat perlahan dan tidak bisa tertangkap radar.

5.    Balon-balon Zeppelin tidak terlalu bagus untuk menyerang ,tapi bagus sekali untuk bertahan.

6.    Sebuah Skyship 600 (yang kutumpangi) panjangnya 59 meter dan tingginya 20,3 meter. Diameter 15,3 meter dan volume kantongnya 7.004 meter kubik.

DAFTAR NO. 9 : HAL-HAL PALING ASYIK
1.     Main Warhammer berlama-lama dengan Felix. Apalagi kalau akhirnya kami jadi bertempur habis-habisan dengan boneka-boneka mini itu dan lupa siapa yang menang.
2.    Menerbangkan balon Zeppelin.
3.    Perang air seru dalam acara berkemah dengan sekolah ,waktu semua jadi basah kuyup,termasuk suplai makanan untuk minggu itu.
4.    Meledakan benda-benda bersama Mrs. Willis .
5.    Kejadian di rumah sakit waktu kami mencuri kereta dorong dan menghabiskan sepanjang siang meluncur di koridor-koridor rumah sakit sementara semua orang sibuk mencari-cari kami.
6.    Main kereta luncur.
7.    Waktu tiba di puncak eskalator turun.
8.    Naik roller coster Ultimate dua belas kali berturut-turut di highwater Valley bersama sepupu-sepupuku.
9.    Meluncur turun bukit dengan sepeda ,secepat mungkin ,tidak mengerem sampai tiba di bawah.
10.  Merasa aku bisa melakukan apapun. Termasuk pergi ke bulan.

DAFTAR NO. 10 :
KE MANA ORANG PERGI SETELAH MATI ?
1.     Mungkin dia menjadi hantu dan menghantui orang-orang. Dia bisa mengunjungi keluarga dan memberitahu bahwa dia baik-baik saja. Dia bisa terbang dan tidak tidur sepanjang malam ,bisa masuk gratis ke dalam taman-taman hiburan dan bioskop-bioskop.
2.    Dia mungkin akan bereinkarnasi dan dilahirkan kembali sebagai orang lain atau sesuatu yang lain. Aku ingin jadi serigala. Atau makhluk luar angkasa.
3.    Dia mungkin masuk surga.
4.    Dia mungkin masuk neraka.
5.    Dia mungkin masuk api pencucian. Biasanya orang dikirim ke sana kalau tidak cukup baik buat masuk surga atau neraka tidak cukup jahat buat masuk neraka. Dia melayang-layang saja di dalam api pencucian selama bertahun-tahun dan bertahun-tahun dan bertahun-tahun ,sampai dia sudah cukup baik buat masuk surga.
6.    Dia mungkin menjadi bagian dari segalanya atau melayang-layang sebagai awan atau pohon.
7.    Mungkin rasanya cuma seperti tidur.
8.    Mungkin yang terjadi adalah pencampuran dari semuanya. Atau ada orang-orang yang berbuat begini ,sementara orang-orang lain berbuat begitu.
9.    Mungkin rasanya sama sekali berbeda. Tidak ada yang tahu.
MENJELANG AJAL
1.      Sam meninggal pada tanggal 14 April ,sekitar jam 5.30 pagi.
2.      Penyebab kematiannya adalah leukimia lymphoblastic akut.
3.      Sam meninggal :
a.       Dengan tenang
b.      Dalam keadaan menyedihkan dan sangat kesakitan.
c.       Antara a. Dan b.
d.      Kami tidak tahu,kami sedang di toko keripik kentang.
e.       Lain-lain,jelaskan.
4.      Dia meninggal di :
a.       Rumah .
b.      Rumah sakit.
c.       Di rumah teman karibnya, Felix.
d.      Di bus nomor 37.
e.       Lain-lain,jelaskan.


5.       Ketika meninggal dia sedang bersama :
a.       Seluruh keluarganya . Mum,Dad,dan Ella.
a.       Tidak didampingi siapa-siapa.
b.      Staf rumah sakit.
c.       Sang ratu.
d.      Lain-lain,jelaskan.
6.      Waktu itu cuaca :
a.       Hangat .
b.      Dingin .
c.       Antara hangat dan dingin .
d.      Hujan ikan.
e.       Lain-lain,jelaskan.
7.      Informasi lainnya :
Sam meninggal dengan tenang dalam tidurnya
Dia sama sekali tidak merasakan sakit


Setelah membaca buku ini,rasanya masih ada rasa yang tertinggal di perasaan saya. Seperti merasa kehilangan sesuatu yang sangat berharga dan tak mungkin dikembalikan. This is a great book. Very inspiring.
Sangat berkesan. Dan menguras perasaan. Apalagi waktu Felix meninggal. Saya menangis. Sometimes you must realize that some people can stay in your heart,but not in your life.







-END-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading